FAKTOR DOMINAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERILAKU CARING

Ros Endah Happy P, Endang Caturini S, Dwi Sulistyowati

Sari


Abstract: Models of Learning, Caring Behavior. This study aims to gain insight about the phenomenon of in-depth experience of the dominant factors in the behavior-based learning models in caring V semester students majoring in nursing polytechnic Surakarta. This study uses qualitative research methods is a research procedure that aims to understand the phenomenon of what is experienced by study subjects. The results showed that the response of the dominant factors in student learning model of behavior-based learning for caring mengekplorasikan that is acquired and can affect the coloring, especially on the personal lives of students. Efforts made in the dominant factors related to student-based learning model of caring and student behavior mengekplorasikan that the lessons learned so far, and color can affect the personal lives of students provide nursing care to patients using an adaptive mechanism. The meaning of the student experience of the dominant factors in the model-based embelajaran caring behavior, students mengekplorasikan that lessons learned so far obtained can influence and coloring, especially on a student's personal life also affect patterns of thinking and behaving in providing nursing care to patients.

Abstrak: Model Pembelajaran, Perilaku Caring. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengalaman mendalam tentang fenomena faktor dominan dalam model pembelajaran berbasis perilaku caring pada mahasiswa semester V jurusan keperawatan Poltekkes Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa tentang faktor dominan dalam model pembelajaran berbasis perilaku caring mengekplorasikan bahwa pembelajaran selama ini diperoleh dapat mempengaruhi dan mewarnai terutama pada kehidupan pribadi mahasiswa. Upaya yang dilakukan mahasiswa terkait faktor dominan dalam model pembelajaran berbasis perilaku caring dan mahasiswa mengekplorasikan bahwa pembelajaran yang diperoleh selama ini dapat mempengaruhi dan mewarnai pada kehidupan pribadi mahasiswa memberikan asuhan keperawatan pada pasien menggunakan mekanisme yang adaptif. Makna dari pengalaman mahasiswa tentang faktor dominan dalam model embelajaran berbasis perilaku caring, mahasiswa mengekplorasikan bahwa pembelajaran yang diperoleh selama ini diperoleh dapat mempengaruhi dan mewarnai terutama pada kehidupan pribadi mahasiswa juga mempengaruhi pola berpikir dan berperilaku dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.