MUTU PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK TERPADU POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA

Wiwik Setyaningsih, Rita Benya Adriani, E Prihantini

Sari


Latar belakang : Keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan penerima pelayanan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Selain pelanggan juga mengharapkan adanya pelayanan yang bermutu.
Tujuan Penelitian : secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di klinik terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk : memperoleh gambaran mengenai mutu dan pelaksanaan pelayanan di klinik terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta, memperoleh gambaran pelayanan fasilitas dan pelayanan petugas di klinik terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta
Metode : jenis penelitian adalah analitik obsevasional. Dengan pendekatan croos sectional. Subyek penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung di klinik terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta sebanyak 91 responden yang diambil secara purposive sampling. Untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di klinik terpadu Poltekkes Surakarta menggunakan uji korelasi Spearmen Rank
Hasil Penelitian : Responden yang menyatakan mutu pelayanan sangat baik 60,44% cukup baik 38,46% dan kurang baik 1,10%. Responden yang menyatakan sangat puas terhadap pelayanan petugas 39,56%, cukup puas 58,24%, kurang puas 2,20%. Responden yang sangat puas terhadap pelayanan fasilitas 41,76%, cukup puas 57,14% dan kurang puas 1,10%. Hasil analisis korelasi rank spearman diperoleh nilai rs 0,064 dengan nilai signifikansi 0,544 > 0,05 sehingga dinyatakan tidak ada hubungan antara mutu dan pelayanan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas di Klinik Terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta. Hasil analisis korelasi rank spearman diperoleh nilai rs sebesar 0,304 dengan nilai signifikansi 0,033 < 0,05 sehingga dinyatakan ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan terhadap fasilitas di Klinik Terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta.
Kata Kunci : Mutu pelayanan, Kepuasan

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.