PENCAPAIAN KOMPETENSI PENILAIAN GLASGOW COMA SCALE DENGAN METODE BESIDE TEACHING MAHASISWA PROGRAM D III BERLANJUT DIV KEPERAWATAN

Ilham Setyobudi, Martono Martono

Sari


Abstract: Competence, Glasgow Coma Scale, Bedside Teaching. The purpose of this research is to know the improvement of competency achievement about GCS assessment using bedside teaching method on clinical learning. This research was conducted to provide an objective explanation in order to develop and improve the competence of GCS assessment using bedside teaching model in clinical learning so that this research type is experiment with static group comparison pattern. Subjects in this study were students of DIII Program continuing DIV Nursing which amounted to 40 students divided into treatment groups as much as 20 students and 20 students control group. Data analysis method in this research using paired t-test analysis. Based on the results of research and discussion can be concluded that the model of clinical learning using bedside teaching method effectively improve the achievement of the competence of GCS assessment rather than using the model of learning with conventional methods shown p = 0.00 <0.05 with 95% significance level with the difference of competency achievement of 50.6. Suggestions proposed in this study is to achieve optimal results, optimal learning space required in the hospital to avoid the disruption of patient visiting hours in the hospital, taking into account the condition of patients when doing assessment GCS, educational institutions and clinical practice should always facilitate and Provide support to clinical counselors in the application of clinical learning model with bedside teaching method.
Keywords: Competence, Glasgow Coma Scale, Bedside Teaching

Abstrak: Kompetensi, Glasgow Coma Scale, Bedside Teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pencapaian kompetensi tentang penilaian GCS menggunakan metode bedside teaching pada pembelajaran klinik. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan penjelasan secara obyektif dalam rangka mengadakan pengembangan dan peningkatan kompetensi tentang penilaian GCS menggunakan model bedside teaching dalam pembelajaran diklinik sehingga jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pola static group comparison. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program DIII berlanjut DIV Keperawatan yang berjumlah 40 mahasiswa yang terbagi menjadi kelompok perlakuan sebanyak 20 mahasiswa dan 20 mahasiswa kelompok kontrol. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis paired t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran klinik menggunakan metode bedside teaching efektif meningkatkan pencapaian kompetensi penilaian GCS daripada menggunakan model pembelajaran dengan metode konvensional yang ditunjukkan nilai p=0.00<0.05 dengan tingkat signifikansi 95% dengan perbedaan capaian kompetensi sebesar 50,6. Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah agar mencapai hasil yang optimal, diperlukan penataan ruang pembelajaran dirumah sakit secara optimal untuk menghindari dari gangguan jam berkunjung pasien di rumah sakit, memperhatikan kondisi pasien saat melakukan penilaian GCS, institusi pendidikan maupun lahan praktek klinik hendaknya selalu memfasilitas dan memberikan dukungan kepada pembimbing klinik dalam penerapan model pembelajaran klinik dengan metode bedside teaching.
Kata kunci: Kompetensi, Glasgow Coma Scale, Bedside Teaching


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.