PENGARUH KONSUMSI BELIMBING MANIS TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN, KEJADIAN KONSTIPASI DAN TEKANAN DARAH PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KLATEN SELATAN

Triwik Sri Mulati

Sari


Abstract: Sweet Star Fruits, Haemoglobine, Constipation And Blood Pressure. Generally to know the influence of sweet star fruits to haemoglobine, constipation and blood pressure at pregnant women at Puskesmas Klaten Selatan. This research used quasi experimental with pre and post test control group design. The Population were pregnant women at Puskesmas Klaten Selatan . The sample was purposive sampling, with inclusion criterias: pregnant woman who does not suffer diseases in her intestinal and renal system also diabetes mellitus. The data analyze used Paired T-Test and McNemar calculated by SPSS version 11. The result of calculation of Paired T-Test and McNemar was p > 0,05.
Key Word: Sweet Star Fruits, Haemoglobine, Constipation And Blood Pressure.

Abstrak: Belimbing Manis, Kadar Hemoglobin, Kejadian Konstipasi, Tekanan Darah. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konsumsi belimbing manis terhadap kadar hemoglobin, kejadian konstipasi dan tekanan darah pada ibu hamil di puskesmas Klaten Selatan. Jenis penelitan ini adalah quasi experimental dengan pre and post test control group design. Populasinya ibu hamil di Bidan Praktek Mandiri wilayah puskesmas Klaten Selatan. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, dengan kriteria inklusi: ibu hamil yang tidak menderita penyakit pada pencernaan, penyakit ginjal dan diabetes mellitus. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 10 ibu hamil untuk kelompok perlakuan yang mengkonsumsi belimbing manis dan 10 ibu hamil untuk kelompok kontrol. Analisa data menggunakan Paired T-Test and McNemar. Hasil penghitungan statistik dengan Paired t-test pada kadar Hb dan tekanan darah menghasilkan nilai p > 0.05. Juga penghitungan McNemar pada data kejadian konstipasi menghasilkan nilai p > 0.05. Hasil uji Paired t-test dan McNemar pada nilai post test kelompok intervensi dan kelompok kontrol menghasilkan nilai p > 0.05 baik pada data kadar Hb, kejadian konstipasi maupun pada data tekanan darah.
Kata Kunci : Belimbing Manis, Kadar Hemoglobin, Kejadian Konstipasi, Tekanan Darah


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.