PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DAN MEDIAL ARCH SUPPORT TERHADAP KESEIMBANGAN DINAMIS PADA KONDISI FLEKSIBEL FLATT FOOTANAK USIA 8 S/D 10 TAHUN
Sari
Abstract: Educational, Medial Arch Support, Dynamic Balance, Flexible Flatt Foot. The purpose of this study to determine the Effect of Education and Medial Arch Support Against Dynamic Balance on condition Flatt Foot Flexible Childhood 8 up to 10 years. Research is a research method "experimental" method Pre Test and Post Test Design, which is the first phase sampling based on inclusion criteria, study subjects obtained a number of candidates who qualify. To research subjects are given an explanation of the purpose and objectives of this study. All prospective research subjects willing to volunteer to be a subject of research by the parents fill out an informed consent sheet. Post test results, which is a record of the treatment group dynamic equilibrium, dynamic equilibrium value treatment group when compared with the pre-test post-test. It aims to determine differences in dynamic equilibrium value at the beginning of the study by the end of the study. Test results of different studies using test Dependent T Test in children with education and the use of Medial Arch Support suggests p = 0.521 (p> 0.005). There was no statistically significant effect on education and the use of Medial Arch Support for dynamic equilibrium under conditions Flatt Foot Flexible Childhood 8 up to 10 years. Conclusion that there is no significant influence on the education and use of Medial Arch Support Against Dynamic Balance on condition Flatt Foot Flexible Childhood 8 up to 10 years. Keywords: Education, Medial Arch Support, Dynamic Balance, Flexible Flatt Foot
Abstrak: Edukasi, Medial Arch Support, Keseimbangan Dinamis, Fleksibel Flatt Foot. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Edukasi dan Medial Arch Support Terhadap Keseimbangan Dinamis pada kondisi Fleksibel Flatt Foot Anak Usia 8 s/d 10 Tahun. Metode Penelitian merupakan penelitian “experimental†dengan metode Pre Test and Post Test Design, yaitu pada tahap pertama adalah pengambilan sampel berdasarkan kriteria inklusi, diperoleh sejumlah calon subyek penelitian yang memenuhi syarat. Kepada subyek penelitian ini diberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan penelitian ini. Semua calon subyek penelitian bersedia dengan suka rela untuk menjadi subyek penelitian dengan cara orang tua anak mengisi lembar informed consent. Hasil post test, yaitu merupakan catatan nilai keseimbangan dinamis kelompok perlakuan, Nilai keseimbangan dinamis kelompok perlakuan saat pre test dibandingkan dengan post test. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai keseimbangan dinamis pada awal penelitian dengan saat akhir penelitian. Hasil Penelitian Uji beda menggunakan uji Dependent T Test pada anak dengan edukasi dan pemakaian Medial Arch Support menunjukkan p = 0,521 ( p > 0,005). Tidak terdapat pengaruh yang bermakna secara statistik pada edukasi dan pemakaian Medial Arch Support terhadap keseimbangan dinamis pada kondisi Fleksibel Flatt Foot Anak Usia 8 s/d 10 Tahun. Kesimpulan tidak ada pengaruh yang bermakna pada edukasi dan pemakaian Medial Arch Support Terhadap Keseimbangan Dinamis pada kondisi Fleksibel Flatt Foot Anak Usia 8 s/d 10 Tahun.
Kata Kunci: Edukasi, Medial Arch Support, Keseimbangan Dinamis, Fleksibel Flatt Foot
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.