IMPLEMENTASI RPP DALAM RANGKA PENCAPAIAN KOMPETENSI ASUHAN KEPERAWATAN JIWA BAGI MAHASISWA D III KEPERAWATAN

Insiyah MN, Maria Dewi Christiyawati, Tri Sunaryo

Sari


Abstract: RPP, Achieving Competence, Nursing Care of the Soul. This study is a Class Action Research (Classroom Action Rersearch), a study conducted by a teacher / lecturer in the class itself through self-reflection, in order to improve their performance, so as to increase student learning outcomes. The results showed that the Learning Implementation Plan (RPP) Mental Nursing faculty provide guidance in implementing the learning process. Researchers found that it takes several fixtures in fulfilling the good planning among others prepare tool corresponding evaluation, makes lattice-lattice, as well as the prepare a teaching materials a better as a guideline of learning. Small group discussion method of learning is one method that can enhance the ability of students achieving basic competency describes the concept of mental nursing and enhance the activity of nursing students in the learning of the Soul. Role play teaching method is one method that can enhance the ability of students achieving basic competency in carrying out assessment of mental patients and increase the activity of nursing students in the learning of the Soul.

Abstrak: RPP, Pencapaian Kompetensi, Asuhan Keperawatan Jiwa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Rersearch) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh seorang guru / dosen di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya, sehinggga hasil belajar mahasiswa menjadi meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Keperawatan Jiwa memberikan petunjuk dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa diperlukan beberapa perlengkapan dalam memenuhi perencanaan yang baik antara lain mempersiapkan alat evaluasi yang sesuai, membuat kisi-kisi, serta menyiapkan materi ajar yang lebih baik sebagai pedoman pembelajaran. Metode pembelajaran diskusi kelompok kecil merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa mencapai kompetensi dasar menjelaskan konsep keperawatan jiwa dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran keperawatan Jiwa. Metode pembelajaran role play merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa mencapai kompetensi dasar melaksanakan pengkajian pada pasien gangguan jiwa dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran keperawatan Jiwa.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.