PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MENGGUNAKAN METODE ISOLATED WHOLE WORD PADA ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA YAAT SURAKARTA
Sari
Abstract: Articulation, Isolated Whole-Word Method, Deaf. This study aims to determine whether there is an increase in the ability of articulation given after treatment with Metode Isolated Whole Word on deaf children in SLB YAAT Surakarta. This research was conducted with experimental design one group pre test and post test and observation method using the observation sheet capability articulating the number of respondents 20 children consisted of 8 men and 12 women. Test statistics with the T-Test. Based on the probability value t = 0.00 <0.05 with a significance level of 95% which indicates an increase in the ability of articulation after getting treatment with isolated whole-word method than before the treatment is given. Isolated Whole Word method can improve the ability of articulation in deaf children in Sekolah Luar Biasa YAAT Surakarta.
Keywords: articulation, isolated whole-word method, deaf
Abstrak: Artikulasi, Metode Isolated Whole Word, Tuna Rungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan artikulasi sesudah diberikan perlakuan dengan Metode Isolated Whole Word pada anak tuna rungu di SLB YAAT Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan desain eksperimen one group pre test and post test dan metode observasi dengan menggunakan lembar observasi kemampuan artikulasi dengan jumlah responden 20 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Uji statistic dengan T-Test. Berdasarkan nilai probalitas t hitung = 0,00 < 0,05 dengan tingkat signifikansi 95% yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan artikulasi setelah mendapatkan perlakuan dengan metode isolated whole word dibanding sebelum diberikan perlakuan. Metode Isolated Whole Word dapat meningkatkan kemampuan artikulasi pada anak tuna rungu di Sekolah Luar Biasa YAAT Surakarta.
Kata kunci: artikulasi, metode isolated whole word, tuna rungu
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.