Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk JURNAL KEPERAWATAN GLOBAL?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL

 

Jurnal Keperawatan Global Merupakan jurnal yang menyediakan forum untuk bertukar ide tentang teori, metodologi dan isu-isu  mendasar yang terkait dengan dunia keperawatan dan pendidikan keperawatan

 

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN

Penulisan harus mengikuti urutan berikut: judul, abstrak, dan kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, dan daftar pustaka.

  1. JUDUL: judul harus singkat, mencerminkan isi tulisan dan memiliki kata kunci utama
  2. ABSTRAK DAN KATA KUNCI: abstrak ditulis dalam bahasa inggris yang terdiri dari 150-200 kata, memuat secara ringkas uraian masalah, tujuan, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan dan saran. Tidak diperkenankan terdapat singkatan atau referensi didalam abstrak. Kata kunci dibuat dalam bahasa inggris sebanyak 3-5 kata dan dipisahkan dengan semi-colon(;)
  3. PENDAHULUAN: berisi masalah, tujuan penelitian dan rangkuman tinjauan pustaka yang terkait dengan masalah penelitian
  4. METODE PENELITIAN: memuat rancangan penelitian, populasi dan sampel, tehnik pengumpulan data dan analisa data
  5. HASIL PENELITIAN: Penjelasan dalam bentuk narasi data yang berkaitan dengan tujuan penelitian, bila perlu disertai dengan ilustrasi tabel gambar grafik atau foto yang mendukung data, sederhana dan tidak terlalu besar. Setiap tabel disertai penjelasan singkat dan tidak mengulang data yang sudah dibaca dalam tabel.
  6. PEMBAHASAN: memuat kupasan permasalahan yang dibahas meliputi analisa, argumentasi dan pendirian penulis mengenai mengenai masalah yang dibahas
  7. KESIMPULAN DAN SARAN: menyajikan hasil dan pembahasan penelitian dalam bentuk simpulan dan saran yang bersifat operasional
  8. DAFTAR RUJUKAN: memuat sumber-sumber yang dikutip dalam tulisan/ artikel

 

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL NON PENELITIAN

Artikel non penelitian harus bersifat aktual, memberikan saran-saran yang aktual dan konkrit terkait dengan isu yang dibahas. Penulisan harus mengikuti urutan sebagai berikut: judul, abstrak dan kata kunci, pendahuluan pembahasan, kesimpulan dan saran, dan daftar pustaka.

  1. JUDUL: judul harus singkat, mencerminkan isi tulisan dan memiliki kata kunci utama
  2. ABSTRAK DAN KATA KUNCI: abstrak  ditulis dalam bahasa inggris  yang terdiri dari 150-200 kata, mencerminkan materi yang dibahas. Tidak diperkenankan terdapat singkatan atau referensi didalam abstrak. Kata kunci dibuat dalam bahasa inggris sebanyak 3-5 kata dan dipisahkan dengan tanda semi colon (;)
  3. PENDAHULUAN: memuat secara ringkas tentang pentingnya topik untuk dibahas meliputi analisa, argumentasi dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibahas
  4. PEMBAHASAN: memuat kupasan permasalahan yang dibahas meliputi analisa, argumentasi dan pendirian penulis mengenai mengenai masalah yang dibahas
  5. KESIMPULAN DAN SARAN: memberikan penegasan terhadap sikap penulis dan pemberian saran
  6. DAFTAR RUJUKAN: memuat sumber-sumber yang dikutip dalam tulisan/ artikel

FORMAT PENULISAN

Artikel yang diterima untuk dipublikasikan, isinya harus belum pernah dipublikasikan. Tim penyunting mempunyai hak untuk menolak segala bentuk materi untuk dipublikasikan jika tidak memenuhi kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Artikel bisa dikirim lewat file attachment ke email: litbangpolteksolo@gmail.com atau bisa mengirimkan dalam bentuk hard copy sebanyak 3 eksemplar beserta disket atau CD ke alamat redaksi, Jl. Letjen Sutoyo Mojosongo, Surakarta 57127. Ketentuan penulisan artikel:

  1. Diketik dengan program pengolahan data, jenis huruf Times New Roman 12, dengan spasi 2, ukuran kertas A4
  2. Panjang artikel 15 sampai 20 halaman termasuk daftar pustaka
  3. Khusus halaman depan memuat judul artikel, nama penulis, nama lembaga, abstrak dan kata kunci
  4. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul sesuai isi tabel dan sumber kutipan jika ada
  5. Daftar Pustaka ditulis dengan metoda APA. Contoh penulisan daftar pustaka:
    Satu pengarang

Agnew, P.W (1996). Multimedia in the classroom. Boston: Allyn and Bacon

Artikel dari jurnal

Wilkes, L., Bostock, E.,lovit, L. & Dennis, G (1996). Nurses knowledge of preassure ulcer management in elderly people. British Journal of Nursing, 5 (14), 858-865

Referensi dari sumber elektronik

World Health Organisation. (2006). The world health report 2006. http://www.who.int/countries/idn/en

(diperoleh 10 januari 2007)

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.